Pialang Adalah

Berbicara seputar pasar modal, tentu kata pialang atau broker sering dibahas. Lantas apa itu pialang dan definisinya? Seberapa penting pialang untuk keinginan investasi di pasar modal? Pialang adalah perusahaan atau individu yang menjadi perantara untuk setiap transaksi yang dilakukan investor dengan pasar modal. Pialang biasanya bekerja di perusahaan pialang yang telah tergabung dengan anggota bursa efek atau disebut broker anggota bursa.

Pialanga harus menjalankan tugas berdasarkan etika bursa yang telah ditentukan. Untuk menjadi seorang pialang bisa disebut tidak mudah. Pasalnya diperlukan bukti tanda lulus uji dari WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek) dan juga CFA untuk nilai tambahnya. Seluruh aktivitas yang dilakukan pialang atau perusahaan pialang diawasi oleh badan pengawas milik pemerintah yang dibentuk secara resmi. Perusahaan tersebut adalah Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi).

Bappebti juga bertanggung jawab kepada Menteri Perdagangan. Pengawasan ini sangat diperlukan karena memastikan semua kegiatan perdagangan bisa dilakukan sesuai undang-undang dan ketentuan yang telah berlaku. Berbicara mengenai pialang tentu kaitannya sangat erat dengan investasi saham. Lantas bagaimana cara kerja seorang pialang? Seorang investor memberi perintah jual dan beli kepada pialang.

Selanjutnya, pialang tersebut akan mengeksekusi perintah tadi. Harga dan juga besar volume transaksi akan ditentukan investor. Artinya pialang tidak ada hak untuk menetapkan harga dan jumlah sesuai keinginan mereka. Selain gaji yang ia dapat dari perusahaan tempat bekerja, pialang juga mendapat komisi dari transaksi yang dilakukan para investor. Artinya, semakin banyak dan sering investor melakukan transaksi, penghasilan yang didapatkan oleh pialang juga semakin besar.

Hanya saja ada juga pialang yang meminta komisi berdasarkan spread atau selisih harga jual dan beli. Namun tidak sedikit pialang uang meminta komisi berdasarkan tarif spread tetap dan floating spread. Pialang sangat dibutuhkan oleh investor. Pasalnya investor kerap mengandalkan kemampuan pialang untuk analisa pasar modal. Alasannya karena investor juga sering tidak mempunyai waktu yang cukup. Selain itu, pialang adalah orang juga memberi rekomendasi kapan investor harus menjual dan membeli saham yang ia miliki.